Tutorial Instalasi Debian Full + Gambar


Ardian Caisar - malam sobat .. pagi pagi kali ini saya mau Share Tutorial Instalasi Debian Full + Gambar , karena disekolah saya lagi masa - masa modul Instalasi Debian , maka saya mau share apa yang sudah saya pelajari . kali ini masih Dalam Instalasi Debian , namun nanti aku juga mau share Setting DNS , DHCP , Webservernya , tapi next post ya . gak usah basa basi lagi deh . kita langsung ke Tutorialnya

Langkah Langkah Instalasi Debian Server 
Instalasi Ini dilakukan Menggunakan VMWare . Maka Langkah Awal Adalah Install VMWare . dan Buka VMWare


Setelah Add New Virtual Machine . Setting Seperti Gambar dibawah ini
Urutkan Seperti . Jika Memiliki Spesifikasi Rendah , Maka Gunakannya Spesifikasi Lebih Kecil Pada Memory / Hard Drive
Setelah Itu Pilih Start Machine

Setelah di Start Machine . Akan Masuk ke Gambar Seperti Ini . Lalu Pilih Install
Lalu Tekan Enter Terus [ Ikuti Setting Default dari Linux ] lalu sampai Linux Melakukan Loading

Lalu Pilih Eth0 Pada Pilihan Dibawah ini :

Settelah ini Adalah Configurasi DHCP . Namun Anda Enter Untuk Cancel  Maka Akan Keluar Gambar

Pilih Configure Network Manually

Masukan IP Address Anda Sesuai Kebutuhan – Lalu Enter [ Continue ]

Akan Keluar Netmask . Netmask ini Otomatis . Karena Saya Menggunakan IP Class C , Jika Anda Menggunakan IP Class A / Class B Maka Sesuaikan Netmasknya . Lalu Enter [ Continue ]

Masukan Gateway Sesuai IP Address yang kita Pakai Tadi Contoh 192.168.10.11 , Karena kita akan Membuat Linux Server , Lalu Continue [ Enter ]

Name Server Addresses Isi Sesuai IP  Address Tadi [ Ini Otomatis ] Lalu Enter [ Continue]

Masukan Hostname Sesuai Keinginan Anda .. disini saya Menggunakan Nama saya Sebagai Hostname yaitu “ ardiancaisar “ lalu enter [ continue ]

Kosongkan Domain Name , Karena Kita akan Mensetting Domain Name Sendiri , Namun bisa saja kita isikan , namun pada tutorial kali ini saya memilih untuk mengosongkan Domain Name . setelah itu Pilih Continue [ Enter ]

Pilih Timezone Sesuai Anda Saya disini Menggunakan “ Pacific “

Pada posisi ini . kita akan Melakukan Partisi Pada Linux Debian . Pilih Manual Lalu Enter

Pilih IDE1 Master (hda) – Lalu Enter
Ada Pilihan Create New Partition Pilih Yes .
Akan Jadi Seperti Ini :

Setelah Itu Pilih pari/log  107.4 GB Free Space – Lalu Enter

Pilih Create a new partition – lalu masukan besar partisi

Saya menggunakan 20 GB Untuk Partisi Pertama – Setelah Continue [ Enter ] – Pilih Primary – dan Beginning

Pilih Tab Bootable flag : tekan Enter untuk Meng”ON”kan Bootable Flag
Lalu Pilih Done Setting Up Partition
Setelah Itu Lakukan Langkah yang Sama Seperti Diatas . Pada Free Space .
Namun Kali ini Bagi Menjadi 2 GB

Karena Digunakan Untuk Swap Area , Besar Partisi ini disesuai kan dengan besar Kapasitas RAM jika kita menggunakan 512 maka 2x512 = 1024 MB , namun disini saya menggunakan 2GB . untuk lebih Optimalnya dibuat Lebih Besar
Karena ini partisi kedua maka Kita Pilih “ LOGICAL “ lalu Enter  - Pilih Beginning -  Taruh Tab Pada Use As – Maka Pilih Enter . Ganti Sebagai  “ SWAP AREA “ Lalu Pilih Done [ enter ]

Lalu sisa dari Free Space . Jadikan Semua Menjadi Home , pilih LOGICAL ,

Setelah itu Pilih Finish partitioning and write changes to disk
Pada Pilihan “ write the changes disk “ pilih yes
Setelah Proses Instalasi Setelah Anda diHaruskan Memasukan root password [ password login ]

Lalu Pilih Continue [ Enter ] – Masukan Verifikasi Password Anda
Setelah Itu Masukan Nama Super User anda

Lalu Pilih Continue [ Enter ] – pada Username your Account – akan otomatis terisi “ardiancaisar” karena saya menggunakan nama user “ ardiancaisar “  lalu Continue [ Enter ] – masukan password yang sama seperti password awal tadi  , maka akan keluar

Pilih “ NO “ pada Scan Another CD or DVD & use Netwrok Mirror

Pada Participate in The Package Usage Survey . Pilih Yes ( ini gunakan untuk menghilangkan instalasi Desktop ] karena kita disini menginstalasi menggunakan system Text

Hilangkan Tanpa Bintang Pada “ Dekstop Environment “ dengan menekan Spasi
Lalu Pilih Continue [ Enter ]
Setelah Instalasi . Akan keluar gambar seperti dibawah ini . pilih yes

Setelah Insalling GRUB Boot Loader selesai Anda akan Keluar

Pilih Continue [ Enter ] – Lalu System akan Melakukan Restart dan Anda diHaruskan Untuk Melakukan Login pada Root , dengan Menggunakan User : Root dan Password : [ sesuai yang anda masukan tadi ]
Setelah Merestart dan Memasukan User dan Password Akan Tampil Seperti ini

Maka Proses Instalasi Debian Server telah Selesai

Sekian Artikel Tentang Tutorial Instalasi Debian Full + Gambar , semoga bermanfaat . terimakasih 

Komentar

  1. Terima Kasih Mas Eko Budi , Sudah Menggundang Saya :D . saya ikutan Gabung aja deh sob :D

    BalasHapus
Dilarang Menggunakan Active Link Pada Komentar
Dilarang Menggunakan Kata - Kata SARA , SPAM , Dan Tidak Terpuji
Dilarang Melakukan Penghinaan Kepada Sesama Blogger Apalagi Kepada Artikel ,
Berkomentarlah Sesuai Artikel . Jangan Menyimpang !

Silahkan Berkomentar . Jika Terjadi Kesalahan Seperti apa yang Dilarang maka Komentar Akan Saya Hapus

Archive

Hubungi Kami

Kirim