Wow, Sekarang Sudah ada Komputer Dengan Daya Kabel LAN




TEKNOBIZ - Hardware) Dalam sebuah perusahaan biasanya isu yang sering terlontar selain cost adalah masalah pengunaan daya. Demi menjawab kedua masalah di atas, Hewlett-Packard (HP) coba menawarkan solusi dengan meluncurkan Thin Client berdaya sangat rendah.

Bayangkan saja, komputer ini hanya membutuhkan daya 13 watt untuk dapat dioperasikan. Hebatnya, kita cukup memasangkan sebuah kabel LAN? tanpa harus terhubung ke colokan listrik -- untuk dapat menghidupkannya karena Thin Client ini telah didukung teknologi POE (Power Over Ethernet).

Praktis, pada perangkat ini Anda tidak akan menemukan kabel lain selain kabel LAN yang dicolokkan. Padahal ia telah menggunakan layar berukuran 18,5 inch dengan resolusi 1366x768 pixel dan sebuah smart zero client berkinerja tinggi di belakangnya.

"Daya sangat rendah pada Thin Client ini dimungkinkan karena HP meminta secara eksklusif kepada Amlogic untuk concern pada penekanan konsumsi daya namun dengan tetap memberikan performa tinggi," tutur Subin Joseph selaku President Director Printing & Personal System Groups HP, di Jakarta.

Diperkenalkan oleh HP sebagai seri T410 AiO (All in One), Thin Client yang oleh HP diberi sebutan Smart Zero Client ini ditenagai oleh prosesor berkinerja tinggi Texas Instrument TMS320DM8148 ARM Cortex berkecepatan 1 GHz dan RAM DDR3 dengan kapasitas 1 GB. Bahkan Smart Zero Client dapat mendukung display ganda hingga resolusi full HD yakni 1920x1080 pixel.

Lebih lanjut, dalam Thin Client T410 AiO telah disematkan software engine yang dinamai HP Velocity. Software engine ini dapat meningkatkan kinerja jaringan dalam lingkungan desktop virtual.

Selain itu, ia pun telah mendukung kesemua tiga protokol virtualisasi terdepan yakni Microsoft, Citrix, maupun Vmware. Hal tersebut dimungkinkan karena T410 AiO telah didukung oleh teknologi Digital Signal Processor Acceleration dan ekstensi ARM Neon, sehingga mampu menghadirkan pengalaman serta keandalan layaknya menggunakan komputer desktop.

Antonni, selaku Market Development Manager Thin Client, menjelaskan, dengan menggunakan perangkat andalan HP ini, kerahasiaan data sebuah perusahaan diklaim akan terjamin karena semua data terpusat pada satu lokasi, bukan berada pada setiap komputer yang tidak bisa selalu kita awasi. Thin Client yang dioperasikan oleh pekerja adalah sebuah desktop virtualisasi.

HP T410 AiO Smart Zero Client yang rencananya akan tersedia di pasaran mulai akhir Oktober 2012 dengan harga mulai dari Rp 3,3 juta.

Bersama dalam peluncurannya, HP juga menawarkan solusi lainnya untuk pelanggan korporat maupun pelanggan retail. Salah satunya adalah printer MFP (Multifunction Printer) yang dapat bekerja 'mandiri', karena untuk mengoperasikannya kita tidak lagi membutuhkan sebuah komputer.Sebagai contoh, setelah kita melakukan scan pada printer tersebut, melalui menu di dalamnya hasil scan dapat langsung kita upload ke jaringan internet menggunakan koneksi WiFi yang telah dimiliki oleh printer ini.

(dea/EY/tb-dtc)

Sumber : Teknobiz

Komentar

Dilarang Menggunakan Active Link Pada Komentar
Dilarang Menggunakan Kata - Kata SARA , SPAM , Dan Tidak Terpuji
Dilarang Melakukan Penghinaan Kepada Sesama Blogger Apalagi Kepada Artikel ,
Berkomentarlah Sesuai Artikel . Jangan Menyimpang !

Silahkan Berkomentar . Jika Terjadi Kesalahan Seperti apa yang Dilarang maka Komentar Akan Saya Hapus

Archive

Hubungi Kami

Kirim