Tutorial : Troubleshooting Komputer

Tutorial : Troubleshooting Komputer
Ardian Caisar Tips dan Trick Komputer - Jaman sekarang Komputer itu sudah sangat penting sekali , kenapa iya ? lihat saja dimana - mana orang membutuhkan komputer, misalkan perkantoran, pertokoan, mall/plaza, perumahan, bahkan... toko-toko kecil pun sekarang sudah ada yang pakai komputer untuk sistem administrasinya . tentu saja komputer sangat membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan .

Sebagai pengguna komputer atau pemakai komputer pasti anda pernah mengalami kendala - kendala pada komputer anda . hal - hal ini biasanya disebabkan oleh komponen dasar komputer itu sendiri yang biasanya dari Software, Hardware, bisa juga Brainwarenya

*ket : Software : Perangkat Lunak / Aplikasi
          Hardware : Perangkat Keras
          Brainware : Operator Komputer ( Pengguna )

Apasih Troubleshooting Komputer itu ??
Dalam dunia Komputer , segala masalah yang berhubungan dengan komputer disebut Troubleshooting ( pencarian masalah ) artinya disini kita mencari dimana sih letak kerusakan pada komputer . pada troubleshooting ini yang diutamakan pada Hardware.
jika masalah anda dengan Software sebaiknya anda melakukan langkah awal , seperti pemeriksaan file-file yang berhubungan dengan Software atau permintaan spesifikasi softaware tersebut (Requirement).
namun jika yang anda lakukan tidak membuahkan hasil , langsung aja deh install ulang Softwarenya  soalnya software bakalan bikin kepala puyeng untuk memecahkan masalahnya .
Jika sampai terjadi masalah pada Brainware : saya kasih tips terbaik "tidur dulu gih om ntr tambah hancur pcnya hehe "

Teknik Troubleshooting
Dalam Troubleshooting ada 2 macam teknik dalam mendeteksi permasalahan yang ad apada komputer, yaitu teknik Forward dan teknik Backward . dibawah ini adalah penjelasan dari masing - masing terknik tersebut .

1. Teknik Forward
Teknik ini adalah teknik segala macam permasalah yang dideteksi semenjak awal komputer dirakit dan biasanya teknik ini yang melakukan orang-orang dealer perakitan komputer . Pada dasarnya teknik ini hanya dilakukan untuk pendeteksian masalah secara sederhana dan dilakukan sebelum komputer dinyalakan, Contoh :

  • Setelah anda selesai merakit komputer, maka lakukanlah pemeriksaan pada semua Hardware yang terpasang, seperti Hubungan dari Kabel Power Supply ke socket power pada Motherboard, 
  • Untuk casing ATX , lakukan pemeriksaan pada kabel Power Switch sudah terpasang dengan benar / tidak.
  • Check kabel-kabel sambungan daya dari Power Supply ke Setiap Komponen Hardware , sudah terpasang dengan benar atau tidak.
  • dsb.
2. Teknik Backward
Teknik Backward ini hampi sama caranya dengan Teknik Forward , Teknik Backward adalah teknik untuk mendeteksi kesalahan pada komputer yang sedang digunakan (menyala), Teknik ini perlu anda pelajari karena pada umumnya permasalahan komputer sering muncul ketika Komputer sudah mulai digunakan, dan ini adalah hal yang wajar, namun saya ambil beberapa Contoh :
  • DVD-R/RW tidak dapat membaca dengan baik
  • Komputer tidak mau menyala (hanya booting saja)
  • Komputer menyala tapi Monitor tidak menampilkan gambar 
  • dsb.
Tabel Pendeteksian Masalah 
Setelah penjelasan singkat tentang teknik troubleshooting , saya akan membahas lebih dalam pada Teknik Backward , karena ini sangat berguna untuk anda pengguna komputer (rumahan,kantor,toko,dll) dari pada teknik Forward , dibawah ini adalah tabelnya :

Tutorial : Troubleshooting Komputer
Analisa Pengukuran
pada gambar pendeteksian masalah pada Komponen Nomor 1 sampai 3 anda dapat menggunakan alat bantu pengukur tegangan , seperti multitester untuk mengukur tegangan yang diterima / diberikan komponen tersebut

Analisa Suara
pada gambar pendeteksian dengan Analisa suara kita dapat menggunakan kode suara (Beep) yang dimiliki oleh BIOS dan dapat kita dengan lewat PC Speaker, pastikan PC Speaker anda terpasang dengan baik, dengan kode Beep ini permasalahan pada Komponen nomor 4-5 dapat dengan mudah anda ketahui, saya lampiran kode-kode suara beep :
AMI-BIOS
Beep  1x pendek : Booting Berjalan dengan Normal
Beep 1x : RAM rusak atau tidak terpasang dengan benar.
Beep 6x :Biasanya menunjukkan keyboard yang rusak, atau tidak terpasang dengan benar
Beep 8x :Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar pada slot.
Beep 11x : Checksum-Error. Periksalah baterai CMOS pada motherboard.

Award-BIOS
Beep  1x pendek : Booting Berjalan dengan Normal 
Beep 1x panjang terus menerus :RAM rusak, atau tidak terpasang dengan benar.
Beep 1x panjang, 1x pendek :Ada masalah dengan RAM atau Motherboard
Beep 1x panjang, 2x pendek : Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar
Beep 1x panjang, 3x pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang dengan benar
Beep 1x panjang, 9x pendek :Ada masalah dengan Bios / Bios rusak
Beep pendek Tak terputus :Ada masalah dengan penerimaan tegangan (power)

Phoenix-BIOS
Beep  1x pendek : Booting Berjalan dengan Normal 
Beep 1x-1x-4x :BIOS mengalami kerusakan.
Beep 1x-2x-1x :Motherboard rusak.
Beep 1x-3x-1x :Ram rusak atau tidak terpasang dengan benar.
Beep 3x-1x-1x :Motherboard rusak
Beep 3x-3x-4x :Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar.
Analisa Tampilan
Pada tahapan ini pendeteksian masalah cenderung lebih mudah karena letak permasalahan dapat diketahui berdasarkan pesan error yang ditampilkan di monitor. Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6 sampai 9.
Contoh : Pada saat komputer dinyalakan tampil pesan Keyboard Error, maka dapat dipastikan letak permasalahan hanya pada Keyboard.

Cara Cepat Mengenali Troubleshooting
§ Apabila terjadi masalah dan sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6 sampai 9, yaitu pada Keyboard, Card I/O, Disk Drive dan Disket.
§ Apabila terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5, yaitu RAM, VGA Card dan Monitor.
§ Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep, kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen nomor 1 dan 2, yaitu Power Suplly dan Motherboard.

Dengan kedua macam teknik dalam pendeteksian maslah dalam komputer tersebut, tentunya akan lebih memperkaya pengetahuan kita di bidang komputer, jadi jika suatu saat terdapat masalah pada komputer Anda kita dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum membawa ke tempat servis, kalaupun harus membawa ke tempat servis kita sudah mengerti letak permasalahannya, jadi kita tidak dibohongi oleh tukang servis yang nakal ; )
Dengan pemahaman troubleshooting komputer yang lebih dalam tentunya akan lebih mempermudah kita untuk mengetahui letak permasalahan dalam komputer dan tentunya akan lebih menyenangkan apabila kita dapat memperbaiki sendiri permasalahan tersebut. Semoga pembahasan sederhana tentang troubleshooting ini dapat bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.

: Referensi : Troubleshooting komputer
  Kode Beep : Kuli Mandiri

Komentar

Dilarang Menggunakan Active Link Pada Komentar
Dilarang Menggunakan Kata - Kata SARA , SPAM , Dan Tidak Terpuji
Dilarang Melakukan Penghinaan Kepada Sesama Blogger Apalagi Kepada Artikel ,
Berkomentarlah Sesuai Artikel . Jangan Menyimpang !

Silahkan Berkomentar . Jika Terjadi Kesalahan Seperti apa yang Dilarang maka Komentar Akan Saya Hapus

Archive

Hubungi Kami

Kirim