Tutorial : Troubleshooting Memory RAM

Troubleshooting Memory RAM


Tips dan Trick Komputer - beberapa hari yang lalu saya buat postingan tentang troubleshooting komputer kali ini aku mau kasih Tutorial Troubleshooting Memory RAM , pada hakekatnya Troubleshooting Memory RAM itu tetap mengikuti apa yang dapat dilakukan pada troubleshooting komputer, namun ini saya fokuskan pada memory ram saja ,

Kerusakan pada Memory RAM sering terjadi biasanya dikarenakan
memory ram
  • kebersihan komputer tidak terawat ( tidak pernah dibersihkan )
  • seringnya komputer ditanyalakan tanpa melihat waktu ( overlimit )
  • komputer di taruh pada tempat yang lembab 
  • pemasangan memory ram yang tidak pas



Ada Beberpa Kasus yang perlu anda Ketahui pada Memory RAM

Kasus pertama :

Laporan RAM ada kapasitas dari RAM sebesar 128KB atau 384KB yang tidak pernah dilaporkan ketikan melakukan proses booting.

Keterangan :
Kondisi seperti ini adalah normal , karena beberapa versi dari BIOS tidak akan menampilkan area dari memory yaitu memory konvensional dan memori ekstended

Kasus kedua :

System komputer menjadi lambat ketika ditambahkan beberapa memori ( pada dasarnya penambahan memori akan meningkatkan kinerja komputer )

Keterangan :
penanganan pertama adalah pastikan memori yang baru anda tambahkan / pasang dikenali dengan baik oleh BIOS atau Windows anda , apabila motherboard anda tidak dapat menerima kapasitas untuk penambahan Memori RAM , hal itu hanya akan menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat.

Kasus Ketiga :

menambahkan  memory tetapi OS tidak dapat berjalan dengan lancar , BIOS mendeteksi RAM yang sudah ditambahkan namun windows tidak berhasil mendeteksi bahkan tampilan layar monitor menjadi bluescreen.

Keterangan :
pada kasus ini yang harus anda perhatikan adalah RAM yang baru cocok atau sesuai dengan motherboard anda atau jenis RAM yang lainnya yang sudah dipasang sebelumnya , kalau RAM tidak cocok ya mempengaruhi Memory RAm sebelummnya maka dari itu akan mengakibatkan tidak normalnya sistem yang berjalan. sebelum memasang RAM sebaiknya anda cocokan terlebih dahulu dengan RAM yang lama

Kasus Keempat :

Identifikasi memori yang rusak. Ketika menghidupkan komputer, terdengar bunyi beep dan komputer tidak mau booting.

Keterangan
Beep tersebut menandakan adanya perangkat keras yang melekat pada motherboard mengalami kerusakan. Yang paling umum adalah kerusakan terjadi pada memori. Segera ambil memori tersebut dari motherboard kemudian coba bersihkan memori dengan tisu atau atau kain yang bersih. Setelah dibersihkan pasang kembali pada slot nya. Apabila setelah dipasang, masih keluar bunyi beep, memorinya harus diganti dengan yang baru.

Nah . Setelah anda membaca artikel ini apakah ada yang masih anda bingungkan tentang kerusakan pada Memory RAM , silahkan untuk meninggalkan unek-unek pada kotak komentar .

sekian artikel tentang Tutorial Troubleshooting Memory RAM , yang bisa anda gunakan jika terjadi kerusakan pada komputer anda , salam tips dan trik komputer

Komentar

Dilarang Menggunakan Active Link Pada Komentar
Dilarang Menggunakan Kata - Kata SARA , SPAM , Dan Tidak Terpuji
Dilarang Melakukan Penghinaan Kepada Sesama Blogger Apalagi Kepada Artikel ,
Berkomentarlah Sesuai Artikel . Jangan Menyimpang !

Silahkan Berkomentar . Jika Terjadi Kesalahan Seperti apa yang Dilarang maka Komentar Akan Saya Hapus

Archive

Hubungi Kami

Kirim