Tutorial : Cara Memperbaiki Komputer yang Sering Restart Sendiri

Cara Memperbaiki Komputer yang Sering Restart SendiriTips dan Trick Komputer - Malam Sobat , Pasti sebagai pengguna komputer . anda pernah mengalami berbagai kendala dengan Komputer anda , Hal yang menurut saya sangat menjengkelkan adalah ketika Komputer Sering Restart Sendiri . ketika kita sedang enak-enaknya tiba-tiba komputer merestart sendiri. pasti sobat semua akan merasakan jengkel , tapi coba hilangkan jengkel itu karena saya akan mencoba membagi pengalaman untuk mengatasi masalah Komputer yang Sering Restart Sendiri . berikut ini caranya :

  1. Komputer akan mengalami Restart sendiri dikarenakan Prosessor Kepanasan 
Komputer yang merestart karena Prosessor Kepanasan biasa disebut dengan Overheat , yaitu dimana prosessor mengalami panas yang berlebihan ini salah satu yang menimbulkan komputer menjadi Merestart sendiri . cara penanganannya yaitu :
  • Cek Kondisi temperatur Hardware pada Menu BIOS 
  • Gunakanlah Software Pendeteksi Temperatur Hardware
  • Atau Dengan mengecekknya secara manual yaitu membuka casing pada CPU dan merabanya menggunakan tangan rasakan panas yang terjadi pada heatsink prosessor.
Penyebab terjadinya Panas yang berlebihan (overheat) pada prosessor adalah :
  • Kipas (Mini Fan) untuk pendingin Prosessor tidak bekerja (rusak)
  • Banyakknya debu-debu yang ada pada heatsink prosessor yang menyebabkan pendingin prosessor tidak berjalan dengan maksimal.
  • Sudah Kering/Habis Thermal Paste yang ada diantar Heatsink(pendingin prosessor) dengan Prosessor .
  • Tempat peletakkan CPU/Komputer yang memang ditempat yang panas 
Minifan
Cara Penanganan Jika terjadi Overheat pada Prosessor : 
  • Selalu Cek kebersihan CPU dan melakukannya secara bertahan untuk membersihkan debu-debu yang berada pada Heatsink dan Mini Fan.
  • Jika Thermal Paste yang sudah kering/habis lakukan penggantian dengan yang baru
  • letakkan komputer ditempat yang dingin (minimal sejuk) lebih baik kalau Ruangan Ber-AC, dikarenakan akan membantu untuk pendinginan pada Prosessor
    
2. Komputer yang sering restart sendiri karena Power Supply yang kekurangan daya.
Komputer me-restart sendiri juga bisa dikarenakan Power Supply yang kekurangan daya atau daya yang masuk pada Motherboard tidak optimal hal ini dapat menyebabkan matinya Kipas ( mini fan ) yang terdapat pada power supply, sehingga menyebabkan overheat pada Power Supply.

Apabila anda merasakan hal yang tidak optimal pada kinerja power supply anda sebaiknya anda menggantinya dengan yang baru , jika belum pasti bisa menyobanya dulu dengan meminjam ke teman/saudara untuk memastikan Overheat terjadi karena Power Supply yang kekurangan daya ada baiknya anda menggunakan Power Supply yang memiliki daya minimal sekitar 530 Watt.

    3. Komputer Sering Restart sendiri karena Harddisk BadSector .
Harddisk yang mengalami BadSector dapat menjadi Penyebab terjadinya Hang Pada Komputer , mengapa saya bisa katakan demikian . karena harddisk yang badsector akan memunculkan pesan Bluescreen (BSOD) atau komputer tidak bisa melakukan booting dan restart terus menerus . 

untuk memperbaiki masalah ini coba lakukan scan pada harddisk anda atau bisa melakukan checkdisk dan men-defrag harddisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan cara yang benar yaitu menggunakan fitur shutdown (pada windows)

Jika langsung dimatikan pada Tombol Power di CPU akan menyebabkan matinya aliran listrik pada CPU yang menyebabkan harddisk langsung mati secara kaget yang dapat membuat komponen yang ada pada harddisk tersebut mati secara  mendadak dan akan mengalami kerusakan yang fatal 

   4. Komputer Sering Restart sendiri karena Kerusakan pada Motherboard 
Kerusakan pada Motherboard yaitu pada Elco-Elco yang ada pada motherboard yang sudah mulai rusak (melembung) seperti mau meletus , hal ini membuat daya pada komponen yang terpasang tidak stabil dan membuat komputer dapat Merestart sendiri , jadi jika anda mengalami hal ini coba anda melihat elco-elco pada Motherboard , mungkin terjadi seperti ini  karena saya pernah mengalami hal ini .

Saya Akhiri tutorial Cara Memperbaiki Komputer yang Sering Restart Sendiri . semoga tips ini dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah anda . selamat dan sukses untuk anda salam Tips dan Trik Komputer


referensi artikel : catatanteknisi.com

Komentar

  1. Infonya bagus gan. Bagi sangat bermanfaat. Tapi yang saya sering saya alami di PC tempat saya kerja adalah ketika membuka ms word lama sekali bukanya. Bagaimana solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas .. untuk Ms Word yang dibuka lama sekali , bisa dicheck antivirus terupdate/tidak . melambannya komputer biasa disebabkan oleh Virus dan CPU yang digunakan terlalu banyak Alias Over , jadi Mas bisa check di Task Manager apakah CPU Normal , permasalahan bisa komputer terkena virus / memory ram yang terlalu kecil mas

      Hapus
  2. makasih gan.. artikelnya sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  3. Kunjungan Rutin Sobat...


    Isi Konten Blog Mu Menarik Sobb...

    Salam Blogwalker..

    Sukses Untuk Anda...


    Jangan Lupa Kunjungan Baliknya...

    BalasHapus
  4. Kunjungan sore,
    Kunjung balik yaa gan ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke sob, untuk kunjungan perdana tidak saya buat SPAM , tapi untuk komentar selanjutnya tidak akan tampil sob , tolong lihat Rule ber-komentar

      Hapus
Dilarang Menggunakan Active Link Pada Komentar
Dilarang Menggunakan Kata - Kata SARA , SPAM , Dan Tidak Terpuji
Dilarang Melakukan Penghinaan Kepada Sesama Blogger Apalagi Kepada Artikel ,
Berkomentarlah Sesuai Artikel . Jangan Menyimpang !

Silahkan Berkomentar . Jika Terjadi Kesalahan Seperti apa yang Dilarang maka Komentar Akan Saya Hapus

Archive

Hubungi Kami

Kirim